Hubungan Kepuasan Pengguna Kartu BPJS Terhadap Mutu Pelayanan di Rumah Sakit Daerah Kotabumi Lampung Utara

Rini Wahyuni(1Mail), Siti Rohani(2), Rizky Oktavianti(3), Hamid Mukhlis(4),
(1) Universitas Aisyah Pringsewu Lampung, Indonesia
(2) Universitas Aisyah Pringsewu Lampung, Indonesia
(3) Universitas Aisyah Pringsewu Lampung, Indonesia
(4) Universitas Aisyah Pringsewu Lampung, Indonesia

Mail Corresponding Author



Full Text:    Language : Ind
Submitted : 2019-08-10
Published : 2019-08-10

Abstract


Pelayanan kesehatan bermutu sering dikaitkan dengan pelayanan kesehatan yang memuaskan pasien. dimana kepuasan pasien adalah dimensi mutu layanan kesehatan yang penting. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui Hubungan kepuasan pengguna kartu BPJS terhadap mutu pelayanan di RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi Kabupaten Lampung Utara tahun 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang di rawat di RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi Kabupaten Lampung Utara pada bulan Januari tahun 2019 yang berjumlah 618 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 orang.  Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan analisa bivariat.Hasil penelitian didapatkan sebagian besar mutu pelayanan di RSD Mayjend HM Ryacudu baik yaitu 64%. Sebagian besar Kepuasan Pengguna Kartu BPJS di RSD Mayjend HM Ryacudu puas yaitu 55,8% Ada hubungan antara kepuasan pengguna kartu BPJS terhadap mutu pelayanan  dengan  p value 0,000. Kesimpulan ada hubungan antara kepuasan pengguna kartu BPJS terhadap mutu. Diharapkan kepada pihak Manajemen RSU melakukan pengawasan yang efektif kepada tiap pelayanan serta dokter yang terdapat di rumah sakit, baik struktural maupun fungsional agar meningkatkan disiplin kerja, sehingga dapat memberikan pelayanan yang bermutu pada tiap bidang pelayanannya.

Keywords


Kepuasan; Mutu Pelayanan; Pengguna Kartu BPJS; Pasien

References


Abdilah & Ramdan, 2007, Hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Jurnal kesehatan Kartika Stikes A.Yani

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arab et al., 2012, Mutu Pelayanan Kesehatan Perspektif Internasional. Buku Kedokteran EGC. Jakarta

Azwar, 2009, Pengantar Administrasi Kesehatan, Edisi Ketiga. Bina Rupa Aksara. Jakarta,

Budiarto,Eko, 2007, Biostatistika untuk kedokteran dan kesehatan masyarakat, EGC, Jakarta.

Handayani, 2008, Analisis Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Dalam Hal di Unit Rawat Inap Puskesmas Maos Kabupaten Cilacap. Universitas Diponogoro Semarang.

Hastono, Priosutanto, 2007, Modul Analisa Data. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Jakarta.

Halil et al., 2012, Faktor Yang berhubungan Dengan Mutu Pelayanan

Koentjoro, 2007,Regulasi Kesehatan di Indonesia. In Yogyakarta: Andi.

Kemenkes RI, 2014, Buku saku FAQ, frequentlyasked questions BPJS Kesehatn. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Kemenkes RI, 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Kotler, 2007, Manajemen Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama,Naidu, 2009, Factors Affecting Patient Satisfaction and Healthcare Quality. IJHCQA, 22(4), pp.366–377.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Muninjaya, 2013, Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, EGC, Jakarta

Oroh et al., 2009, Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Wijayanto, W. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Kemampuan Ekonomi Masyarakat Terhadap Aksesibilitas BPJS. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(2), 131 - 140. doi:https://doi.org/10.30604/jika.v2i2.39


Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.