Abstract


Pelayanan kesehatan bermutu sering dikaitkan dengan pelayanan kesehatan yang memuaskan pasien. dimana kepuasan pasien adalah dimensi mutu layanan kesehatan yang penting. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui Hubungan kepuasan pengguna kartu BPJS terhadap mutu pelayanan di RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi Kabupaten Lampung Utara tahun 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan menggunakan metode pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang di rawat di RSD Mayjend HM Ryacudu Kotabumi Kabupaten Lampung Utara pada bulan Januari tahun 2019 yang berjumlah 618 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 orang.  Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan analisa bivariat.Hasil penelitian didapatkan sebagian besar mutu pelayanan di RSD Mayjend HM Ryacudu baik yaitu 64%. Sebagian besar Kepuasan Pengguna Kartu BPJS di RSD Mayjend HM Ryacudu puas yaitu 55,8% Ada hubungan antara kepuasan pengguna kartu BPJS terhadap mutu pelayanan  dengan  p value 0,000. Kesimpulan ada hubungan antara kepuasan pengguna kartu BPJS terhadap mutu. Diharapkan kepada pihak Manajemen RSU melakukan pengawasan yang efektif kepada tiap pelayanan serta dokter yang terdapat di rumah sakit, baik struktural maupun fungsional agar meningkatkan disiplin kerja, sehingga dapat memberikan pelayanan yang bermutu pada tiap bidang pelayanannya.

Keywords


Kepuasan; Mutu Pelayanan; Pengguna Kartu BPJS; Pasien


Fatal error: Call to a member function getCount() on null in /home/u5727174/public_html/wellness.journalpress.id/cache/t_compile/responsiveTheme^%%38^38D^38D7420B%%article.tpl.php on line 229