Perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien; Sebuah literatur Review

Nurul Octaviani(1), Rizki Yeni Wulandari(2Mail), Surmiasih Surmiasih(3),
(1) Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia
(2) Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia
(3) Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.30604/well.022.82000123

Full Text:    Language : en

Abstract


Professional nurse service may be performed by a nurse in the performance of their duty. Caring will enable harmonious interpersonal relationships between nurses and patients,it can help and fulfill the patient's need to provide satisfaction. The research objective is to examine the results of several journals about nursing caring behavior to the patient's satisfaction. The research design used descriptive methods from the journal review literature. The results showed that nurses who have a good caring attitude, so patient satisfaction can be good in accordance with the quality of caring behavior performed by nurses. Based on the literature review noted that the application of nurse caring behavior has a close correlation with patient satisfaction. The more caring a nurse is, the more satisfied a patient will receive nursing care service.

Keywords


Caring; Kepuasan; literature review; Pasien; Perawat

References


Abdul,Asri. 2017. Hubungan Antara Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal kesehatan, 3(1), 30-36.

Akbar, Patria. 2015. Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelaksanaan Komunikasi Teraupetik Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Makassar. Jurnal psikologi Vol.1 No.2.

Azizah.,Nur. 2018. Hubungan Sikap Caring Perawat Dengan Terpenuhinya Hak Pasien Mendapatkan Informasi Tindakan di Rawat Inap RSU PKU Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. E.Journal Vol.2 No.3.

Damayanti.2016. Analisis Faktor yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Surakarta.Universitas Muhammadiyah Surakarta. Konselor, 5(2), 93-99.

Dedi,B. Setyowati Afiyanti. 2018. Perilaku Caring Perawat Pelaksana Studi Grounded Theory. Jurnal Keperawatan Indonesia: Vol 1 No 4.

Hans. 2017. Hubungan Antara Persepsi Pasien Terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien.Jurnal Keperawatan Vol 1 No.2 : 33-37.

Kalsum. 2016. Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Teratai Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati. Journal Vol.2 No.1.

Lestari,P. Sunarto dan Kuntari,T. 2017. Analisa Penentu Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Keperawatan Vol.23 No.2.

Prihandhani,S. 2015. Hubungan Faktor Individu dan Budaya Organisasi dengan Perilaku Caring Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSU Ganesha Gianyar.E-Journal Keperawatan Vol 3 No 2.

Purwoastuti. 2015. Sikap Caring Perawat dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Pada Pasien di Ruang ICU RSUD dr.Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Skripsi. Program Studi Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surakarta

Rumagit, et al. 2017.Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Makassar: Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin

Sitorus,d. 2015. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Mutu Pelayanan di RSUD dr.M.Haulussy Ambon Makassar : Universitas Hasanuddin

Sandra, Rhona. 2016. Hubungan Komunikasi Terapeutik perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Instalasi Rawat Inap RSUP Dr.DJamil. Universitas Indonesia: Depok

Setiati. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Sikap Caring yang Dipersiapkan oleh Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUP Persahabatan Jakarta :Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. E-Journal Vol 3 No 4.

Tiara.,Lestari. Hubungan Antara Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu Lampung Tahun 2017.Publish Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung Tahun 2017

Watson,J. 2006. Theory of Human Caring. Danish Clinical Nursing Journal. 20 (3): 21-7.

Wijaya.2017. Perilaku Caring dan Kepuasan Pasiendalam Proses Interaksi Pelayanan Keperawatan di RSUD Petala Bumi.STIKes PMC Pekanbaru


Article Metrics

 Abstract Views : 33 times
 Fulltext Downloaded : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.