Abstract


ABSTRAK

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal yang mengakibatkan peningkatan angka kesakitan (morbiditas) dan angka kematian atau mortalitas. Penyakit hipertensi di Puskesmas Fajar Bulan pada tahun 2022 merupakan penyakit terbanyak nomor empat yaitu 203 kasus dengan jumlah ibu menopause yang mengalami hipertensi sebanyak 135. Penelitian menggunakan daun selederi karena mengandung Apigenin yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan kandungan 3-n-butyl pthalide yang sangat tinggi mampu mengatasi kadar lemak dalam darah. Tujuan penelitian adalah diketahui efektivitas pemberian rebusan daun seledri terhadap penurunan tekanan darah dan kolesterol pada ibu menopause hipertensi di Puskesmas Fajar Bulan.

 

Jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subyek penelitian adalah seluruh ibu menopause di UPT Puskesmas Fajar Bulan. Objek penelitian adalah rebusan daun seledri, penurunan tekanan darah dan kolesterol. Pengambilan data menggunakan lembar observasi. Analisis data secara univariat dan bivariat.

 

Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata tekanan darah sebelum diberikan intervensi (pre test) adalah 151,8/92,6 dan sesudah diberikan intervensi (post test) adalah 141,5/87,1. Rata-rata kolesterol sebelum diberikan intervensi (pre test) adalah 246,6 dan sesudah diberikan intervensi (post test) adalah 226,8. Ada efektivitas pemberian rebusan daun seledri terhadap penurunan tekanan darah nilai p-value 0,000 dan ada efektivitas pemberian rebusan daun seledri terhadap kolesterol nilai p-value 0,00. Penelitian diharapkan dapat dijadikan informasi kesehatan tentang bagaimana cara melakukan pencegahan terhadap penyakit hipertensi dan kolesterol dengan menggunakan terapi komplementer rebusan daun seledri.

 

Kata Kunci : Daun Seledri, Hipertensi, Kolesterol

Kepustakaan : 42 (2013-2022)


Keywords


Kebidanan;