Abstract


Masalah yang sering ditemui pada masa kehamilan adalah anemia. Untuk mengatasi anemia dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara farmakologi melalui konsumsi tablet Fe dan non farmakologi melalui buah bit. Kandungan zat besi dalam buah bit sebanyak 7,4%. Buah bit memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, zat tersebut sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui pengaruh minuman jus buah bit terhadap kadar hemoglobin pada ibu hamil trimester III di Puskesmas Ngarip Kabupaten Tanggamus tahun 2023.

Design penelitian adalah pre eksperimen dengan menggunakan pendekatan one group pretest and posttest.  Penelitian ini telah dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Ngarip pada bulan Agustus  2023. Sampel dalam penelitian ini ibu hamil trimester III dengan anemia sebanyak 15 ibu hamil dengan teknik sampel purposive sampling. Instrumen menggunakan lembar pengukuran hb. Analisa data menggunakan uji paired t-test.

Hasil analisa data sebelum diberikan jus buah bit rata-rata Hb ibu sebesar 10,033 gr% setelah diberikan jus buah bit rata-rata Hb ibu sebesar 11,3 gr%. Adapun selisih kenaikan Hb ibu rata-rata sebesar 1,34 gr%, didapatkan p-value 0.000 (p<0.05) hal ini menunjukan ada pengaruh pemberian jus buah bit terhadap kenaikan kadar haemoglobin pada ibu hamil. Diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan ibu untuk konsumsi jus buah bit dalam mengatasi anemia. Ibu konsumsi jus buah bit dengan takaran 500 gram buah bit, 250 ml air. Jus bit diberikan satu kali pada pagi hari selama 7 hari berturut-turut dengan tetap mengkonsumsi Fe


Keywords


Anemia, Ibu Hamil, Buah Bit