Abstract


ABSTRAK

 

Wanita menopause akan megalami kecemasan, kecemasan pada wanita akan mempengaruhi datangnya menopause Beberapa hal yang dapat menimbulkan kecemasan antara lain keluarga, dukungan keluarga akan memperngaruhi keadaan psikologi wanita. Tujuan penelitian diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kecemasan pada ibu menopause di Praktek Mandiri Bidan Mujiyah Amd.Keb Bandar Jaya.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini semua menopause yang dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden dengan menggunakan teknik total sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi-square, Tempat penelitian dilaksanakan di Praktek Mandiri Bidan Mujiyah Amd.Keb Bandar Jaya pada bulan September Tahun 2023.

Hasil analisis univariat distribusi frekuensi pengetahuan sebagian besar pengetahuan kurang sebanyak 36 responden (60%), sikap sebagian besar sikap negatif sebanyak 32 responden (53,3%), dukungan suami sebagian besar tidak mendukung sebanyak 38 responden (63,3%), perubahan fisik sebagian besar mengalami perubahan fisik sedang 37 responden (61,7%) dan kecemasan sebagian besar cemas sedang sebanyak 37 responden (61,7%). Hasil analisis bivariat menggunakan chi-square test (p-value ˂0,05) dengan nilai signifikansi 0,001 yang artinya ada hubungan pengetahuan dengan kecemasan ibu menopause, nilai signifikansi 0,000 yang artinya ada hubungan sikap dengan kecemasan ibu menopause, nilai signifikansi 0,002 yang artinya ada hubungan dukungan suami dengan kecemasan ibu menopause dan nilai signifikansi 0,000 yang artinya ada hubungan perubahan fisik dengan kecemasan ibu menopause di Praktek Mandiri Bidan Mujiyah Amd.Keb Bandar Jaya. Saran untuk praktik mandiri bidan hasil penelitian ini dapat di jadikan acuan untuk penambahan program menejemen kecemasan seperti senam lansia dan pemeriksaan rutin untuk pengembangan kegiatan agar meminimalisir terjadinya cemas pada menopause.

Kata Kunci : Kecemasan, Menopause, Family Support, Psikologis