Abstract


ABSTRAK

 

Persalinan merupakan proses alami dan menimbulkan nyeri. Namun banyak ibu yang tidak bisa menahan nyeri tersebut. Nyeri selama proses persalinan merupakan kondisi fisiologis. Nyeri persalinan dapat ditangani secara farmakologis dan non farmakologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan intensitas nyeri ibu bersalin kala 1 fase aktif sebelum dan sesudah dilakukan terapi murotal dan aromaterapi lavender.

Jenis penelitian kuantitif dengan rancangan penelitian pra eksperiment dengan one group pretest – posttest design. Penelitian ini dilakukan di PMB Desha Rizki M.P. Kota Bandar Lampung pada bulan Agustus-Oktober  2023. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang ibu bersalin kala 1 fase aktif yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik sampel secara consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi skala NRS (Numeric Rating Scale). Terapi dilakukan dengan cara mendengarkan murotal surah Ar Rahman dan menghirup aromaterapi lavender secara bersamaan selama 30 menit. Analisis secara univariat dan bivariat (uji paired sampel t test).

Hasil penelitian diketahui rata-rata nyeri sebelum diberikan terapi murotal Al quran dan aromaterapi lavender adalah 5,3 (nyeri sedang) dan setelah diberikan terapi sebesar 4,6 (nyeri sedang) dengan selisih rerata nyeri yaitu 0,7. Ada pengaruh dengan pemberian terapi murotal al-Qur’an dan aromaterapi lavender dengan intensitas penurunan nyeri persalinan kala 1 fase aktif di PMB Desha Rizki M.P Kota Bandar Lampung (p-value = 0,000). Saran diharapkan bagi ibu hamil Trimester 3 untuk mulai mendengarkan murotal Al quran minimal 30 menit sehari sekali untuk persiapan persalinan.

Kata kunci  : Ibu bersalin, Nyeri persalinan, Murotal, Aromaterapi