Abstract


ABSTRAK

 

Persalinan merupakan kejadian fisiologi yang normal, namun tidak sedikit ibu bersalin yang mengalami nyeri persalinan menimbulkan rasa tidak nyaman. Dampak dari nyeri persalinan yang tidak dapat di atasi bisa membahayakan ibu juga janinnya. Nyeri persalinan dapat diatasi dengan metode non farmakologis seperti aromaterapi mawar dan dzikir yang lebih aman dilakukan, hal ini dikarenakan terapi tersebut mengatur Adreno Cortico Tropic Hormone (ACTH) yang menghambat transmisi nyeri. Tujuan penelitian diketahui pengaruh terapi dzikir dan aromaterapi mawar dengan nyeri persalinan kala I.

Jenis penelitian ini kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan one grup pre-post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin kala I  sebanyak 46 responden, sampel sebanyak 28 orang , penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis secara univariat dan bivariat (uji wilcoxon).

Hasil penelitian rata-rata nyeri persalinan sebelum diberikan perlakuan adalah 5,8 dan sesudah perlakuan 4,8. Dapat disimpulkan bahwa dari 28 responden sebanyak 10 responden dengan skala nyeri ringan, dan sebanyak 18 responden dengan skala nyeri sedang . Ada pengaruh aromaterapi mawar dan terapi dzikir dengan nyeri persalinan kala I dengan nilai (p-value = 0,000). Saran bagi tenaga kesehatan dapat digunakan sebagai teknik nonfarmakologi yang mudah dilakukan tanpa efek yang membahayakan dalam memberikan asuhan pada ibu selama persalinan

 

Kata Kunci : Nyeri persalinan kala I, Aroma terapi mawar dan Terapi dzikir

   Kepustakaan : 39 (2013-2022)

 


Keywords


Nyeri persalinan kala I, Aroma terapi mawar dan Terapi dzikir