Abstract


ABSTRAK

Melahirkan adalah salah satu peristiwa terpenting dalam kehidupan seorang wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akupresure titik LI4 untuk menurunkan rasa nyeri persalinan pada ibu inpartu kala I fase aktif. di wilayah kerja Puskesmas Candra Mukti Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2023.

 

Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sempel berdasarkan karakteristik responden sebanyak 20 orang ibu bersalin. Analisis secara univariat dan bivariat (uji wilcoxon).

 

Hasil penelitian nyeri persalinan didapatkan nilai mean sebelum dilakukan akupresur titik LI4 sebesar 4,80 dan setelah dilakukan akupresur titik LI4 sebesar 3,95, dengan p value (0,000) < 0,05, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode teknik akupresur titik LI4 pada proses persalinan kala I fase aktif berpengaruh terhadap intensitas nyeri yang dirasakan oleh ibu. Diharapkan agar teknik akupresur titik LI4 yang merupakan alternative non farmakologik ini dapat  direkomendasikan pada ibu bersalin untuk menurunkan intesitas nyeri persalinan kala I fase aktif.

 

Kata Kunci      : Nyeri Persalinan, Akupresur titik LI4

Referensi         : 25 (2014-2022)


Keywords


Kebidanan;