FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTUSAN CALON PENGANTIN PEREMPUAN MELAKUKAN PEMERIKSAAN HIV DI DESA GUNUNG TAPA KABUPATEN TULANG BAWANG TAHUN 2022

Mega Puspita Sari(1Mail),
(1) Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), 

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.30604/well.343612024

Full Text:    Language : en

Abstract


      Jumlah kasus HIV positif yang dilaporkan dari tahun ke tahun cenderung meningkat. Laporan Bulanan Puskesmas Gedung Meneng menyebutkan 3 orang terinfeksi HIV, sementara di Desa Gunung Tapa sebanyak 1 orang terinfeksi HIV. Mewajibkan tes HIV pra nikah merupakan salah satu upaya yang efektif dan sangat bermanfaat untuk melindungi keluarga dari infeksi HIV. Tujuan     penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keputusan calon pengantin perempuan melakukan pemeriksaan HIV di Desa Gunung Tapa Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2022.

      Penelitian kuantitatif  yang menggunakan rancangan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pengantin yang sudah melakukan pernikahan di Desa Gunung Tapa pada tahun 2022 sebanyak 57 orang dengan sampel adalah 11 calon pengantin yang melakukan pemeriksaan HIV pra nikah dan 46 calon pengantin tidak melakukan pemeriksaan HIV pra nikah. Penelitian dilaksanakan di bulan November 2023 di Desa Gunung Tapa Kabupaten Tulang Bawang. Analisa bivariat yang digunakan adalah uji chi square.

      Hasil penelitian menunjukkan responden yang tidak melakukan pemeriksaan HIV pranikah sebanyak 46 orang (80,7%), pengetahuan baik sebanyak 53 orang (93%), sikap negatif sebanyak 31 orang (54,4%), dukungan keluarga positif sebanyak 38 orang (66,7%), dukungan tenaga kesehatan positif sebanyak 38 orang (66,7%). Hasil uji chi square menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, dukungan keluarga dan dukungan tenaga kesehatan dengan keputusan calon pengantin perempuan melakukan pemeriksaan HIV (p value > 0,05). Untuk itu, tenaga kesehatan diharapkan dapat merancang program peningkatan minat dan perilaku pasangan pengantin dalam melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah, serta menjalin Kerjasama yang lebih intens dengan pihak KUA.

 

Kata Kunci    : Keputusan, Calon Pengantin Perempuan, HIV

 


Article Metrics

 Abstract Views : 37 times
 PDF Downloaded : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.