FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI SDN PUNGKUT KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN 2023

Novi Septia(1Mail), Ade Tyas Mayasari(2), Yunita Anggriani(3), Rini Palupi(4),
(1) Prodi Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia
(2) Prodi Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia
(3) Prodi Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia
(4) Prodi Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.30604/well.346612024

Full Text:    Language : en:ind

Abstract


Perkembangan sosial emosional anak merupakan perkembangan tingkah laku pada anak dimana anak diminta untuk menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat. Berdasarkan data prevelansi Gangguan mental emosional pada penduduk di Lampung, tertinggi Kabupaten Lampung Utara sebesar 15,18% dan terendah di Kabupaten Tulang Bawang Barat sebesar 2,12% sedangkan Kabupaten tanggamus masuk ke urutan kelima tertinggi yaitu sebesar 7,63%. Penyebab munculnya masalah gangguan perkembangan pada anak dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pola asuh orangtua, perlakukan kekerasan terhadap anak.  Tujuan penelitian diketahui faktor – faktor yang berhubungan dengan perkembangan sosial emosional anak di SDN Pungkut Kabupaten Tanggamus Tahun 2023. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2-4 di SDN Pungkut Kabupaten Tanggamus dengan dengan sampel yang digunakan sebanyak 45 anak menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis secara univariat dan bivariat (uji chi square). Hasil penelitian diketahui ada hubungan pola asuh orang tua (p-value = 0,001), tindakan kekerasan yang dilakukan oleh orang tua (p-value = 0,001), tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru (p-value = 0,033), dan penggunaan gadget oleh anak (p-value = 0,022) dengan perkembangan sosial emosional anak di SDN Pungkut Kabupaten Tanggamus tahun 2023 dan tidak ada hubungan pola asuh guru dengan perkembangan sosial emosional anak di SDN Pungkut Kabupaten Tanggamus tahun 2023 (p-value = 0,618). Saran bagi pihak sekolah agar dapat bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk mengagendakkan penyuluhan kesehatan tentang perkembangan sosial emosional anak


Keywords


perkembangan emosional anak, pola asuh, penggunaan gadget, dan tindakan kekerasaan

References


Diba, C. F. (2021). Pendampingan Anak Korban Kekerasan Seksual Dalam Memenuhi Hak Anak (Studi Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan Dan Anak UPTD PPA Aceh) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh). Frontiers in Neuroscience, 14(1), 1–13.

Hasanah, I., Kurniatun, N., & ... (2019). Gambaran Perkembangan Sosial Anak Yang Menggunakan Telpon Genggam (Gadget). Jurnal …, 63–67.

Indrayati, N., & PH, L. (2019). Gambaran Verbal Abuse Orangtua pada Anak Usia Sekolah Undang-Undang Undang-Undang terhadap Anak yang berakibat Para ahli psikologi di Amerika masih menjadi penyebab dominan Pemberdayaan. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(1), 9–18.

Jalaluddin, & Andika, M. R. (2022). Upaya Preventif Kekerasan Terhadap Anak Dalam Pelaksanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 218–226. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v2i1.1091

Kurniasari, A. (2019). Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Sosio Informa, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594

Melania, S. R. (2022). Kebijakan Non Penal Terhadap Tindak Pidana Kekerasan Seksual Di Lingkungan Satuan Pendidikan (Studi Kasus Kota Bandar Lampung). Fakultas Hukum, Universitas Lampung. 1–23.

Nugraha, R. A., & Subaidi, S. (2022). Kekerasan Seksual dalam Perspektif Dominasi Kuasa. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 3(1), 21–31.

Raniyah, Q., & Yuris, E. (2022). Pengaruh Usia dan Pendidikan terhadap Tingkat Pengetahuan Pendidikan Seks Anak Usia Dini pada Guru TK Aba se Kota Medan. 4, 597–615.

Riskesdas. (2018a). Riskesdas 2018 Provinsi Lampung. Laporan Provinsi Lampung Riskesdas 2018, Riset Kesehatan Dasar Lampung 2018, 598.

Riskesdas. (2018b). Riskesdas Indonesia.

Rismansyah. (2022). Penerapan Perlindungan Hukum Bagi Perempuan Dan Anak Atas Kekerasan Verbal Dan Non Verbal Di Kabupaten Kutai Kartanegara Rismansyah Tinjauan Yuridis Tentang Penyalahgunaan Bantuan Sosial Covid-19 Di Kabupaten Kutai Kartanegara Febry Andrean Tinjauan Yurid. 4(November).

Sarumaha, A. H. (2019). Strategi Orang Tua Dalam Mendidik Moralitas Anak Usia 9-11 Tahun Nim : 2015208002 Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar ( Setia ) Jakarta.

WHO. (2019). World Health Statistics Overview 2019 Monitoring Health For The SDGs. Αγαη, 8(5), 55.


Article Metrics

 Abstract Views : 59 times
 PDF Downloaded : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.