Abstract


ABSTRAK

 

Masa menopause adalah salah satu fase alamiah yang dialami oleh seorang wanita. Kondisi menopause ini disebabkan oleh hormone estrogen dan progesterone dari ovarium yang berkurang. Salah satu penyakit yng sering muncul pada wanita menopause adalah hipertensi. kejadian hipertensi ini untuk mengetahui pengaruh jus belimbing terhadap tekanan darah wanita menopause yang mengalami hipertensi di wilayah PMB Nuur Baity.

Metode penelitian ini dilakukan pada bulan November tahun 2023 di Pekon Datar Lebuay Kecamatan Air Naningan dengan rancangan penelitian Quasi eksperimen one group Pre-test – Post test. Sampel dalam penelitian ini 18 wanita menopause yang mengalami hipertensi, dengan analisa data menggunakan paired t-test.

 

Hasil penelitian ini terdapat pengaruh jus belimbing terhadap wanita menopause yang mengalami hipertensi di wilayah PMB Nuur Baity, rata-rata tekanan darah sebelum diberikan jus belimbing yakni tekanan darah adalah nilai mean 167/102mmHg, nilai minimum 160/90 mmHg, nilai maximal 180/110mmHg. Kemudian hasil rata rata sesudah diberikan jus belimbing adalah nilai mean 136/77mmHg nilai minimum 130/70mmHg, nilai maximal 140/70mmHg dengan nilai p-value = 0,000 (<0,05).

 

Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh jus belimbing yang efektif sebagai anti hipertensi pada wanita menopause yang rerata tekanan darah setelah diberi perlakuan secara bermakna dibandingkan sebelum perlakuan. Saran dari penelitian ini dapat mengubah perilaku penyebab hipertensi, dan dapat menjadikan terapi ini tambahan pengetahuan dan dapat diterapkan dalam terapi non farmakologis penderita hipertensi.

 

Kata Kunci : wanita menopause, hipertensi, Jus belimbing

 

Kepustakaan : 31 (2015-2023)

 


Keywords


Kebidanan;