Abstract


ABSTRAK

 

Persalinan merupakan kejadian fisiologi yang normal, namun tidak sedikit ibu bersalin yang mengalami nyeri persalinan menimbulkan rasa tidak nyaman, dari hasil presurvey terdapat 15 ibu inpartu yang seluruhnya mengalami nyeri persalinan yang tidak dilakukan penanganan untuk menangani nyeri persalinan. Dampak dari nyeri persalinan yang tidak dapat diatasi dapat mengakibatkan ibu mengalami stress dan cemas membahayakan ibu dan janinnya.nyeri persalinan dapat diatasi dengan metode farmakologi seperti Birthing Ball.

Tujuan penelitian adalah diketahui pengaruh terapi birthing ball pada nyeri persalinan ibu primigravida kala I fase aktif di TPMB Yanti Asih S.Tr.Keb Tahun 2022. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one grup pretest dan postest dengan menggunakan metode pendekatan  pre-experiment. Populasi pada penelitian ini berjumlah 15 orang, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 13 responden dengan teknik Accidental sampling.. Analisis bivariat dalam penelitian ini menggunakan uji paired (Uji T).

Hasil penelitian terdapat pengaruh terapi birthing ball untuk mengurangi nyeri persalinan ibu primigravida untuk mengurangi nyeri kala I fase akrif  diperoleh P-value=0,000 maka dapat disimpulkan ada pengaruh terapi birthing ball setelah diberikan Birthing Ball. Berdasarkan penelitian disarankan ibu bersalinan yang mengalami nyeri persalinan dapat menggunakan terapi Birthing ball untuk mengurangi nyeri persalinan.

 

Kata kunci : Nyeri Persalinan, Birthing Ball

Kepustakaan  : 19 (2011-2023)


Keywords


Kebidanan;