PENGARUH EDUKASI MENOPAUSE MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN WANITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLAMBANGAN UMPU KABUPATEN WAY KANAN

Ina Marlina(1Mail),
(1) Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), 

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.30604/well.366612024

Full Text:    Language : en

Abstract


Menopause merupakan masa berakhirnya siklus menstruasi yang terdiagnosis setelah 12 bulan tanpa periode menstruasi. Media yang dipilih secara tepat akan membantu ibu untuk memahami konsep dan informasi yang diterima atau yang dimiliki ibu sebelumnya. Semakin banyak media yang digunakan dalam proses edukasi akan semakin besar daya serap terhadap materi yang diberikan. Tujuan penelitian diketahui pengaruh edukasi menopause menggunakan audio visual terhadap pengetahuan wanita di Wilayah Kerja Puskesmas Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan.

              Jenis penelitian ini kuantitatif dengan rancangan penelitian pra eksperimental dengan pendekatan one group pretest – posttest design.. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita menopause di Wilayah Kerja Puskemas Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan sebanyak 42 responden dengan sampel yang digunakan sebanyak 30 orang menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis secara univariat dan bivariat (uji t-test).

              Hasil penelitian diketahui pengetahuan menopause sebelum diberikan intervensi adalah 10,7 dan diberikan intervensi adalah 21,0 Ada pengaruh edukasi menopause menggunakan audio visual terhadap pengetahuan wanita di Wilayah Kerja Puskesmas Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan (p-value = 0,000). Saran bagi tenaga kesehatan dapat memberikan penyuluhan, Pendidikan kesehatan mengenai informasi terutama terkait menopause kepada wanita yang akan menghadapi menopause agar tidak terjadi kecemasan pada saat mengahadapi menopause.

Kata Kunci : Audio visual, edukasi, menopause, dan pengetahuan

 


Article Metrics

 Abstract Views : 43 times
 PDF Downloaded : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.