Abstract


Nyeri punggung pada usia kehamilan 5-7 bulan dirasa pada 47-60% wanita, nyeri punggung tersebut akan lebih terasa saat malam hari dan selama kehamilan trimester 3. Salah satu metode non farmakologis yang dapat mengurangi atau membebaskan rasa nyeri, mengurangi atau mencegah terjadinya spasme otot, memberikan rasa nyaman yaitu dengan kompres hangat dan Pelvic rocking. Tujuan dalam penelitian mengetahui efektifitas pemberian kompres hangat dan Pelvic rocking terhadap intensitas skala nyeri punggung bawah terhadap ibu hamil trimester III.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini mengunakan metode quasy eksperiment dengan rancangan quasy experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil Trimester III, sampel penelitian ini berjumlah 36 ibu hamil. Analisa data yang digunakan menggunakan uji man withney.

Hasil analisis menunjukan rata-rata intensitas skala nyeri punggung ibu hamil trimester III sebelum diberikan kompres hangat 4, sesudah diberikan kompres hangat 2,06. Rata-rata intensitas skala nyeri punggung ibu hamil trimester III sebelum diberikan Pelvic rocking 3,89, sesudah diberikan Pelvic rocking 2,5. Ada pengaruh pemberian kompres hangat dan Pelvic rocking terhadap intensitas skala nyeri punggung bawah ibu hamil trimester III. Saran agar menjadikan intervensi kompres hangat sebagai salah satu terapi mengurangi ketidaknyamanan nyeripunggung bawah yang dialami ibu pada  trimester III kehamilan.


Keywords


kompres hangat, Pelvic rocking, nyeri punggung bawah, ibu hamil trimester III