Abstract


Tujuan untuk menganalisis adanya pengaruh media berbasis Buku Saku dan lembar balik dapat meningkatkan keberhasilan ASI Esklusif

Metode Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperiment dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan Sampel dalam penelitian ini ibu Nifas sebanyak 38 orang responden yang dibagi menjadi dua kelompok 19 responden pada kelompok intervensi di Puskesmas Banyumulek dan 19 responden pada kelompok kontrol di Puskesmas Kediri. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 Buan dari September-Februari 2022. Data dianalisis uji statistik parametric dan non parametric. Untuk melihat pengaruh edukasi terhadap keberhasilan IMD menggunakan uji fisher exact test. uji mann-whitney dan untuk melihat perbedaan pengetahuan pre dan post pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi menggunakan uji Wilcoxon. Data sikap pre dan post berdistribusi normal sehingga untuk melihat perbedaan sikap pre dan sikap post antara kelompok menggunakan uji independent sample t-test dan untuk melihat perbedaan sikap pre dan post pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi menggunakan uji paired sample t-test.

Hasil uji statistik karakterstik responden pada kedua kelompok kontrol dan intervensi dari variasi umur tidak homogen yang menunjukan bahwa responden dikedua kelompok cendrung tidak bersiko (20-35%) pada kelompok kontrol dan intervensi karakterstik pekerjaan dan pendidikan cendrung homogen sedangkan pada hasil uji statistik (p kurang dari 0,05) yang berarti bahwa edukasi berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan ASI Esklusif

Keywords


Edukasi; Buku Saku; Lembar Balik; ASI