Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSU UKI Jakarta Timur 2022

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara, Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdi Nusantara, Indonesia

DOI : https://doi.org/10.30604/well.258422022
Full Text:

Abstract
The quality of health services as an indicator of the quality of health services is one of the determining factors for the image of health service institutions in the eyes of the community. This happens because it is a professional group with the highest number, at the forefront and closest to patients and their families. One indicator of the quality of health services is whether the health services provided are satisfactory or not. Satisfaction is a comparison between the quality of services obtained with the desires, needs, and expectations. This study aims to determine the effect of the quality of health services on the satisfaction of outpatients at RSU UKI. and whether there is an influence between the physical appearance of the nurse/midwife, reliability, responsiveness, assurance, and empathy for patient satisfaction. This research used descriptive method with cross sectional approach, sampling technique and total sampling consisted of 86 respondents. The results showed that there was an effect of service on patient satisfaction (p-value = 0.001). there is an influence between the appearance of health services on patient satisfaction (p-value = 0.001 less than 0.05). there is an influence between the reliability of health services on patient satisfaction (p-value = 0.000 less than 0.05), there is an influence between the responsiveness of health services to patient satisfaction (p-value = 0.000 less than 0.05), there is an influence between health care insurance and patient satisfaction ( p-value = 0.000 less than 0.05), there is an effect of empathy for health services on patient satisfaction (p-value = 0.000 less than 0.05). It is recommended that nurses/midwives continue to develop knowledge about the quality of health services so that each nurse/midwife can maximize the best service.
Abstrack: Mutu pelayanan kesehatan sebagai indikator mutu pelayanan kesehatan yang terjadi salah satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan dimata masyarakat. Hal ini terjadi karena merupakan kelompok profesi dengan jumlah terbanyak, paling depan dan terdekat dengan pasien dan keluarganya. Salah satu indikator dari mutu pelayanan kesehatan itu adalah apakah pelayanan kesehatan yang diberikan itu memuaskan atau tidak. Kepuasan merupakan perbandingan antara kualitas jasa pelayanan yang didapat dengan keinginan, kebutuhan, dan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan RSU UKI, dan ada tidaknya pengaruh antara wujud/tampilan fisik perawat/bidan, kehandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampel dan total sampling terdiri dari 86 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien (p-value=0,001). Adanya pengaruh antara wujud/tampilan pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien (p-value=0,001 kurang dari 0.05). adanya pengaruh antara kehandalan pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien (p-value=0,000 kurang dari 0.05), adanya pengaruh antara ketanggapan pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien (p-value=0,000 kurang dari 0,05), adanya pengaruh antara jaminan pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien (p-value=0,000 kurang dari 0,05), adanya pengaruh antara rasa empati pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien (p-value=0,000 kurang dari 0,05). Disaranankan perawat/bidan untuk terus mengembangkan ilmu tentang mutu pelayanan kesehatan supaya setiap perawat/bidan dapat memaksimalkan pelayanan yang terbaik.
Keywords
References
Azwar, Azrul. 2010. Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Yayasan Penerbit IDI.
Jacobalis, Samsi. 2000. Kumpulan Tulisan Terpilih Tentang Rumah Sakit Indonesia Dalam Dinamika Sejarah, Transformasi, Globalisasi dan Krisis Nasional. Jakarta: Yayasan Penerbit IDI.
Kawoco, Sri Baskoro; Kusuma, Farida Halis Diah; dan Widiani, Esti. 2018. Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien di Rawat Inap Puskesmas Bantur Nursing News. Volume 3, Nomor 1. h.820-832.
Notoatmodjo, S 2015, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.
Nuraini, I. S., dan Mudiantono. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang Situs Traveloka (Studi pada Konsumen Traveloka di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1-11.
Parasuraman, A., V.A. Zeithaml and L.L. Berry. 1994. SERVQUAL: Review, Critique Research Agenda. Journal of Marketing. page 111-124.
Saputri, Tiara Indah. 2016. Hubungan Penampilan Perawat dengan Kepuasan Pasien di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi. Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Shaw, K & Timons, S. (2010). Exploring How Nursing Uniforms Influence Self Image and Professional Identity. Practice Research Report, 106 (10), 21-23.
Wulandari, A., Sidin. A.I., Maidin.A. 2013. Gambaran Persepsi Pasien Dalam Keputusan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Makassar Tahun 2013. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Yunita, Sukma., dan Irhamuddin. 2019. Hubungan Respon Time yang Diberikan Perawat Instalasi Gawat Darurat dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Tembakau Deli Medika Deli Serdang Tahun 2018. Jurnal Maternitas Kebidanan, 4(1), 56–65.
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.