Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemakaian KB IUD PADA Wanita Usia Subur

Septika Yani Veronica(1Mail), Riska Safitri(2), Siti Rohani(3),
(1) Universitas Aisyah Pringsewu lampung, Indonesia
(2) Universitas Aisyah Pringsewu lampung, Indonesia
(3) Universitas Aisyah Pringsewu lampung, Indonesia

Mail Corresponding Author



Full Text:    Language : Ind
Submitted : 2019-08-10
Published : 2019-08-10

Abstract


Secara global, pengguna kontrasepsi modern telah meningkat tidak signifikan dari data 47,19% akseptor KB memilih suntik sebagai alat kontrasepsi, 26,81% memilih pil, 8,26% memilih implant, 11,03% memilih IUD (Depkes RI, 2013). Rendahnya penggunaan KB IUD diasumsikan karena pendidikan masyarakat tergolong rendah, banyak ibu Wanita Usia Subur tamat pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Pengetahuan mereka mengenai alat kontrasepsi IUD masih kurang, tidak menggunakan alat kontrasepsi IUD karena tidak mengerti keuntungan (keefektifan) dari alat kontrasepsi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemakaian KB IUD Pada Wanita Usia Subur (WUS) Di PKM Kotabumi Udik Kab. Lampung Utara Tahun 2019”. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode penelitian survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi yang digunakan 100 WUS dan sample yang diambil 80 WUS. Hasil penelitian menunjukkan Ada hubungan pengetahuan dengan pemakaian KB IUD pada WUS dengan nilai (p=0.026),tidak ada hubungan pendidikan dengan pemakaian KB IUD pada WUS dengan nilai (p=0,199),tidak ada hubungan usia dengan pemakaian KB IUD pada WUS dengan nilai (p=0.839), tidak ada hubungan dukungan suami dengan pemakaian KB IUD pada WUS dengan nilai (p=0.082).

Keywords


Pengetahuan; Pendidikan; Usia; Dukungan Suami

References


Adhayani, A Rahma. 2011. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Kontrasepsi Non-IUD Pada Akseptor KB Wanita Usia Subur 20-39 Tahun. Artikel Ilmiah. Universitas Diponegoro

Alfiah, Ismi Dzalva. 2015. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Diwilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Kalideres Tahun 2015. Skripsi. Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah. Jakarta

BKKBN. 2015. Pedoman Pelaksaan Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. Penerbit BKKBN. Jakarta.

Depkes RI, 2010. Pedoman penggunaan efek samping kontrasepsi. Jakarta.

Depkes RI, 2010. Profil kesehatan Indonesia. Jakarta: Depkes RI.

Harahap, A. 2014. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemakaian Alat Kontrasepsi IUD Oleh Ibu Pasangan Usia Subur Di Desa Sabungan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan 2014. Skrpsi. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Ningsih, D., Firdawati, F., & Satria, P. (2019). Awarding Support Becomes a Dominant Factor in the Election of Family Planning in the Long-Term Contraception Method in Kampung KB. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(1), 73-81. doi:https://doi.org/10.30604/jika.v4i1.185

Noviana, Hartika S. 2016. Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD Di Puskesmas Paying Rejo Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi. Universitas Lampung. Lampung

Nurbaiti. 2013. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Alat Kontrasepsi KB Intra Uterin Devide (IUD) di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Tiga Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie. Skripsi. Aceh: Universitas Ubudiyah Indonesia.

Pandiangan, Ratna S. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Akseptor Kb Dalam Penggunan Alat Kontrasepsi Iud Diwilayah Kerja Puskesmas Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2017. Skripsi. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Simbolon, Marlina L. 2017 Faktor – faktor yang memengaruhi akseptor KB dalam pemakaian Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) di Puskesmas Tegal Sari III Medan Sumatera Utara Tahun 2017. Tesis. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Verawaty, R. 2013. Faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MJKP) wanita pada istri Pasangan Usia Subur (PUS) di kecamatan Bintan Timur Tahun 2013. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia. Depok.


Article Metrics

 Abstract Views : 68 times
 PDF Downloaded : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.