Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) dan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil

Yona Desni Sagita(1Mail), Lusi Septiyani(2),
(1) STIKes Aisyah Pringsewu Lampung, Indonesia
(2) STIKes Aisyah Pringsewu Lampung, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.30604/well.4112019

Full Text:    Language : Ind

Abstract


Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pengguna jasa layanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan antenatal care (anc) dengan kepuasan ibu hamil Di BPM Yuni Hartini Desa Sukoharjo 2 Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua ibu hamil yang melakukan pemeriksaan antenatal care pada bulan November sampai Desember di BPM Yuni Hartini Desa Sukoharjo 2, yang berjumlah 75 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan pada analisis univariat; responden yang menyatakan kualitas pelayanannya baik lebih puas (88.2%) dibandingkan dengan responden yang menyatakan tidak puas (11.8%). Analisa bivariat hasil penelitian didapat skor p value sebesar 0,002 (nilai p kurang dari 0,05) yang berarti bahwa ada hubungan yang bermakna antara kualitas dan kepuasan ibu hamil. Disarankan bagi BPM perlunya menambah dan mempertahankan kualitas pelayanan antenatal care (ANC) dengan cara meningkatkan kinerja bidan misalnya dengan mengikuti seminar atau pelatihan. Bagi peneliti selanjutnya untuk menindaklanjuti penelitian ini dengan meneliti dari faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan dengan rancangan dan variabel penelitian yang berbeda.

Keywords


Kepuasan; Ibu Hamil; Kualitas Pelayanan; Ante Natal Care

References


Amatiria, Gustop. 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan Tanjung karang Volume XII.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aspiani, Reni Yuli. 2017. Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas Aplikasi Nanda Nic Dan Noc. Jakarta: Trans Info Media.

Chemir, F., Alemseged, F. and Workneh, D. (2014) ‘Satisfaction with focused antenatal care service and associated factors among pregnant women attending focused antenatal care at health centers in Jimma town, Jimma zone, South West Ethiopia; a facility based cross-sectional study triangulated with qualitative study’, BMC Research Notes, 7(1), p. 164. doi: 10.1186/1756-0500-7-164.

Do, M. et al. (2017) ‘Quality of antenatal care and client satisfaction in Kenya and Namibia’, International Journal for Quality in Health Care. 29(2), pp. 183–193. doi: 10.1093/intqhc/mzx001.

Galle, A. et al. (2015) ‘Expectations and satisfaction with antenatal care among pregnant women with a focus on vulnerable groups: a descriptive study in Ghent’, BMC Women’s Health, 15(1), p. 112. doi: 10.1186/s12905-015-0266-2.

Gamedze-Mshayisa, D. I. et al. (2018) ‘Factors associated with women’s perception of and satisfaction with quality of intrapartum care practices in Swaziland’, Midwifery, 57, pp. 32–38. doi: 10.1016/j.midw.2017.10.016.

Maryunani, Anik. 2016. Manajemen Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media.

Notoadmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

PERMENKES RI. (2016). Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan No.47. Jakarta.

Rahayu, Lina Dwi Puji, dkk. 2013. Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Di Puskesmas Karanganyar Kabupaten Purbalingga Tahun 2013. Akademi Kebidanan YLPP Purwokerto.

Riwidikdo, Handoko. 2012. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Setiawan, Ari & Saryono. 2011. Metodologi Penelitian Kebidanan DIII, DIV, SI, Dan S2. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sopiah & Sangadji. 2013. Prilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Offset.

Supranto. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafrudin, dkk. 2011. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Untuk Bidan. Jakarta: Trans Info Media.

Syafrudin. (2009). Organisasi Dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Dalam Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media.

Syamsudin, Arif & Hartiningsih. 2011. Hubungan Kualitas Pelayanan Antenatal Care (ANC) Dengan Kepuasan Pasien Dalam Kegiatan Gempungan Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukasari Kabupaten Purwakarta. Kesehatan Masyarakat FKIK UNSOED Purwokerto.

Villadsen, S. F. et al. (2015) ‘Antenatal care strengthening for improved quality of care in Jimma, Ethiopia: an effectiveness study’, BMC Public Health, 15(1), p. 360. doi: 10.1186/s12889-015-1708-3.


Article Metrics

 Abstract Views : 1147 times
 PDF Downloaded : 620 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.