Abstract


Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pengguna jasa layanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan antenatal care (anc) dengan kepuasan ibu hamil Di BPM Yuni Hartini Desa Sukoharjo 2 Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua ibu hamil yang melakukan pemeriksaan antenatal care pada bulan November sampai Desember di BPM Yuni Hartini Desa Sukoharjo 2, yang berjumlah 75 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan pada analisis univariat; responden yang menyatakan kualitas pelayanannya baik lebih puas (88.2%) dibandingkan dengan responden yang menyatakan tidak puas (11.8%). Analisa bivariat hasil penelitian didapat skor p value sebesar 0,002 (nilai p kurang dari 0,05) yang berarti bahwa ada hubungan yang bermakna antara kualitas dan kepuasan ibu hamil. Disarankan bagi BPM perlunya menambah dan mempertahankan kualitas pelayanan antenatal care (ANC) dengan cara meningkatkan kinerja bidan misalnya dengan mengikuti seminar atau pelatihan. Bagi peneliti selanjutnya untuk menindaklanjuti penelitian ini dengan meneliti dari faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dan dengan rancangan dan variabel penelitian yang berbeda.

Keywords


Kepuasan; Ibu Hamil; Kualitas Pelayanan; Ante Natal Care