FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KEKERASAN TERHADAP ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH KECAMATAN GISTING TAHUN 2023

Evi Dharma Soima(1Mail), Ade Tyas Mayasari(2), Komalasari Komalasari Komalasari(3), Nur Alfi Fauziah(4),
(1) Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), Indonesia
(2) Prodi Kebidanan, Fakultas Kesehatan, Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia
(3) Program Studi Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia
(4) Program Studi Kebidanan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu, Indonesia

Mail Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.30604/well.299612024

Full Text:    Language : en; ind

Abstract


Kekerasan pada anak usia dini merupakan tindakan yang dapat merusak perkembangan anak, baik secara fisik, psikis, maupun seksual. yang dapat memperngaruhi perkembangan kehidupan masa depan anak. Provinsi Lampung menduduki peringkat 14 di Indonesia dengan kasus kekerasan terhadap anak. Korban usia 0-5 tahun 7 orang dan 6-12 tahun yaitu sebanyak 52 korban. Pada wilayah tanggamus ada 5 korban yang terlapor. Tujuan penelitian faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kekerasan terhadap anak usia dini di TK Aisyiyah Kecamatan Gisting Tahun 2023. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini orang tua (ibu atau ayah) yang memiliki anak usia dini. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi-square, Tempat penelitian dilaksanakan di TK Aisyiyah Gisting Kabupaten Tangggamus pada bulan Oktober 2023. Hasil analisis univariat distribusi frekuensi tindak kekerasan anak usia dini sebagian besar pernah melakukan kekerasan sebanyak 42 orang (52,5%), pengetahuan ibu kurang sebanyak 35 orang (43,8%), pengalaman masa lalu ibu pernah mengalami tindak kekerasan dimasa lalu sebanyak 45 orang (56,3%), pola asuh ibu demokratis sebanyak 26 orang (32,5%) dan jumlah anak lebih dari atau sama dengan 2 (dua) sebanyak 47 orang (58,8%). Hasil analisis bivariat menggunakan chi-square test (p-value <0,05), ada hubungan pengetahuan ibu dengan terjadinya kekerasan terhadap anak usia dini (0,000), ada hubungan pengalaman masa lalu ibu dengan terjadinya kekerasan terhadap anak usia dini (0,004), ada hubungan pola asuh ibu dengan terjadinya kekerasan terhadap anak usia dini (0,000) dan ada hubungan jumlah anak dengan terjadinya kekerasan terhadap anak usia dini (0,000) di TK Aisyiyah Kecamatan Gisting Tahun 2023. Saran hasil penelitian ini dapat menjadi informasi tambahan dan pengetahuan baru bagi ibu dalam memberikan asuhan pada anak.


Keywords


Faktor, Kekerasan, Anak Usia Dini

References


Agustin, M., Saripah, & Gustiana, A. D. (2016). Analisis Tipikal Kekerasan Pada Anak dan Faktor-faktor Latar Belakangnya. Ilmiah PGTK, PAUD, Dan DIKMAS, 13(1), 1–10.

Anggraini, D. (2017). Hubungan Pola Pengasuhan Orang Tua dengan Tindakan Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak. Jurnal UIN Jakarta, 9(1), 9–17.

Aas Dede. (2021). Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus Kelompok A Di Ra Attaqwa Padaringan, Kabupaten Ciamis). Tarbiyah al-Aulad. Vol 6(1), 13-26.

Devi W Cici. (2012). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kecerdasan Sosial Pada Sosial Kelas VI SD Jatimulyo 01. Undergraduet thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Dewi Kristiana Afri. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Kekerasan Pada Anak Usia Sekolah Di Dusun Kwarasan Gamping Sleman Yogyakarta. Naskah Publikasi, 1-9.

Erniwati, & Fitriani, W. (2020). Faktor-faktor penyebab orang tua melakukan kekerasan verbal pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–8.

Farhan, Zahara. 2018. Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Orang Tua MelakukanVerbal Abuse pada Anak Usia Sekolah 6-12 Tahun di Kabupaten Garut. JKM Vol. 3 (2).

Fitriana, Y. 2015. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Orang Tua dalam Melakukan Kekerasan Verbal terhadap Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Psikologi Undip Vol. 14 (1), pp: 81-93.

Hardani., Auliya., Andriani, H., Fardani., Ustiawaty., Utami., Sukmana, D. J., & Istiqomah R.R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). CV Pustaka Ilmu Group.

Huraerah, A. (2018). Kekerasan terhadap Anak (Nuasa Cendikia (ed.)).

Kemntrian PPA. (2018). Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kementrian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

Mahmudi Nur Iman. (2018). Child Abuse Kekerasan Pada Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. http://repository.radenintan.ac.id/5416/1/SKRIPSI.pdf

Margareta, T. S., & Jaya, M. P. S. J. (2020). Kekerasan pada Anak. Wahana Didaktika, 18(2), 171–180.

Mona Saparwati. (2012). Studi Fenomenologi : Pengalaman Kepala Ruang dalam Mengelola Ruang Rawat di RSUD Ambarawa. Tesis Magister Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Depok.

Mubarak, W. (2011). Promosi Kesehatan Sebuah Pengantar Proses Belajar Mangajar dalam Pendidikan. Graha Ilmu.

Notoatmodjo, P. D. S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Asdi Mahasatya.

Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2015). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Praftini, K. V., Rismawan, M., & Wulansari, N. T. (2021). Gambaran Pengetahuan Dan Sikap Orang Tua Tentang Kekerasan Pada Anak Di Kelurahan Renon, Denpasar Selatan. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 5(2), 101–108. https://doi.org/10.37294/jrkn.v5i2.332

Puskesmas Gisting. (2023). Profil Laporan Kekerasan Anak.

SIMFONI-PPA. (2023). Jumlah Kasus Kekerasan Menurut Provinsi, Tahun 2023. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suparyanto & Ayu M.S. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Kekerasan pada Anak (Studi di Sekolah Dasar Negeri Panggang I Gunungkidul, Yogyakarta). Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, Vol 18(3), 21-26.

Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2018). Kekerasan Terhadap Anak, Penanaman Disiplin, dan Regulasi Emosi Orang Tua. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 21–26. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6541

WHO. (2020a). Infant and young child feeding. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/infant-and-young-child-feeding

WHO. (2020b). Violence against children. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/violence-against-children.

Zahri., Syahri., Fujiyanti, Putri. (2022). Analisis pola asuh orangtua pada anak korban kekerasan dalam rumah tangga. Journal of Counseling, Education and Society. Vol 3(2), 36-39.


Article Metrics

 Abstract Views : 79 times
 PDF Downloaded : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.